Antique Radio Museum
Museum Radio dan Teknologi Huntington
12, Jul 2022
Museum Radio dan Teknologi Huntington

Museum Radio dan Teknologi HuntingtonRadio menjadi salah satu media hiburan bagi lapisan masyarakat. Jika sudah mendengarkan radio, anggota yang lain turut mendengarkan. Ini bisa menjaga keharmonisan dalam keluarga. Namun pada masa lampau radio sering kali digunakan untuk menyampaikan berita penting. salah satunya radio yang sudah dimuseumkan di Museum Radio dan Teknologi di Huntington, Amerika Serikat.

Seiring dengan berjalannya waktu, daya tarik mendengarkan radio mulai berkurang. Sebab di era sekarang mudah sekali mendengarkan musik tanpa harus memiliki radio. Namun bukan berati radio sudah tersingkir begitu saja. Orang yang mendengarkan radio di masa sekarang bisa untuk nostalgia.

Berkunjung ke Museum Radio dan Teknologi

Alamat lengkap museum radio dan teknologi berada di 1640 Florence Ave Huntington, WV 25701, Amerika Serikat. Untuk dapat berkunjung di tempat ini, Anda tidak ada patokan biaya. Bisa dikatakan bayar seiklhasnya. Museum radio dan teknologi ini terletak di gedung sekolah dasar dengan luas 10.000 kaki.
Museum radio dan teknologi ini terletak di Hutington, Virginia Barat. Salah satu benda masa lampau yang dimuseumkan adalah radio antik. Seperti halnya radio katedral, radio konsol, radio meja, radio transistor, radio tua, dan radio koleksi.

Selain itu terdapat pula peralatan ham, penerima dan pemancar amatir antik, koleksi siaran, peralatan komunikasi militer, peralatan uji, komputer antik, vintage hi-fi, koleksi piringan hitam, dan perpustakaan teknis.

Pada bagian ruang utama museum radio dan teknologi ini terdapat gambar orang-orang besar yang telah berjasa dalam bidang penyiaran. Disana terdapat gambar yang dilengkapi dengan keterangan, buku cerita serta tempat yang menarik lainnya untuk pendatang.

Museum Radio dan Teknologi Huntington

Sejarah Museum Radio dan Teknologi

Museum Radio dan Teknologi merupakan museum terbesar yang ada di Amerika Serikat bagian Timur. Museum ini menampilkan banyak radio antik, televisi, dan komputer bersejarah dari abad ke 20. Ada sekitar 2000 radio antik, televisi, telegraf, CB, dan barang-barang militer.

Museum ini terdiri dari 11 bagian utama. Berikut penjelasan bagian-bagian tersebut:

1. Toko Radio: Toko radio 1920-1930 yang didalamnya terdapat reproduksi musik di masa pra listrik atau sebelum adanya listrik. Pendatang akan mengetahui bagaimana pada waktu itu melakukan komunikasi menggunakan jaringan nirkabel.
2. Ruang Pameran: Dibagian ruangan ini terdapat tempat pamer toko radio dan televisi pada masa lampau. Ada radio tabung, transistor, pesawat televisi, perekam kabel dan pita, dan meja putar yang super antik. Terdapat pula perangkat erector, perangkat kimia, mikroskop, laboratorium energi atom gilbert.
3. Ruangan komputer: komputer desktop dari IMSAI ke Mac dan Lisa dengan ukuran hard drive sebesar 7 megabyte yang memiliki ukuran sebesar ransel dorong.
4. Toko souvenir: toko ini menyediakan mainan, pakaian, buku , majalah, radio antik, fonograf victrola
5. Ham dan radio gelombang pendek: benda ini akan memancarkan dan menerima gelombang pendek.
6. Alat komunikasi militer: terdiri atas radio militer dan peralatan komunikasi lain untuk kegiatan militer.
7. Radio ham modern:sebuah stasiun radio tipe WV8MRT
8. Ruang Kelas: tempat untuk mengajar tentang elektronik
9. Harveytown School: Taman Kanak-kanak.
10. Ruang Siaran
11. Perpustakaan

Siapapun yang berkunjung di museum radio dan teknologi ini pasti akan memperoleh pengalaman yang menyenangkan. Pengunjung bukan hanya sekedar berekreasi. Melainkan bisa melihat ribuan benda-benda bersejarah. Ini bisa menambah wawasan bagi para pendatang tentang benda-benda tersebut dan sekelumit kisah dibalik keberadaan benda tersebut.